Sabtu, 13 November 2021

Kabid Pelayanan RSUD Ciamis, Dr Bayu Yudiawan Ajak Masyarakat Jaga Dan Sadar Lingkungan Dengan Terapkan 3 M



CIAMIS, JP - Dalam Peringati Hari Kesehatan Nasional dengan moto Sehat Negriku Tumbuh Indonesiaku menjadikan satu insfirasi bagi Dr. Bayu Yudiawan Kepala Bidang Pelayanan RSUD Ciamis untuk mencegah penyebaran atau menambahnya pasien DBD yang saat ini sedang melanda di Kabupaten Ciamis, (13/11/2021).

Di Hari Kesehatan Nasional yang ke 57 ,Dr.Bayu Yudiawan mengajak masyarakat agar lebih sadar lingkungan serta menerapkan 3M Plus.Ungkapnya ,saat di temui Jayakarta Pos di Ruang kerjanya. 

Dia mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) sesuai dengan Surat Edaran ( SE ) Bupati yang di edarkan ke tiap kecamatan.

"Selain itu juga," kata Bayu,"Dalam kegiatan PSN ini bisa di satukan dengan Jumsih ( Jum’at Bersih) dengan tetap meninplentasikan atau mematuhi prokes dalam setiap melaksanakan kegiatan. Disamping itu juga ,Bupati Ciamis telah mengintruksikan untuk pengaktifpan gerakan satu rumah satu jumantik,agar setiap rumah bisa memantau ada tidaknya jentik," terangnya.

"Dengan adanya pemberantasan jentik itu Insya Alloh penularan kasus Demam Berdarah akan efektip sekali ditekan,"ujarnya menegaskan.

Menurut Bayu, "Dari penatalaksanaan Demam Berdarah efektipoyas dan episiensi penanggulanganya itu justru lebih episien apabila kita melaksanakan penangannanya di ranah jentik daripada penanggulangan nyamuk dewasa."

"Untuk penanggulangan nyamuk dewasa hanya bertahan satu hari dan besoknya akan ada lagi dan apabila kita berantas jentik atau larpa nya itu kita akan terbebas selama satu minggu ,sehingga lebih efektip memberantas jentiknya,"ungkapnya.

"Adapun radius terbang nyamuk betina dewasa rata rata 50 -100 meter, jadi ketika di situ ada fektor atau nyamuknya dan disitu ada penderita DBD dan ketika nyamuk tersebut memghisap darahnya penderita ,dalam perut nyamuk akan mengandung virus DBD dan apabila dia menghisap darah kembali di radius 100 meter maka dia akan memyuntikam kembali virus DBD tersebut," sambungnya memaparkan.

"Apabila di tempat tersebut ada yang terjangkit virus DBD ,Ketua Rt dan Rw harus lebih efektip langsung melaksanakan pemberantasan pase air atau pemberantasan jentik nyamuk guna menghentikan penyebaran virus DBD dengan cara melaksanakan 3 M ( memguras ,mendaur ulang barang bekas dan menutup tempat penyimpanan air plis hindari gigitan nyamuk dengan cara tidur pakai kelambu atau memakai obat nyamuk.) Atau membudidayakan tanaman anti nyamuk diantara Sereh, Maupun Lavender," pungkas Kepala Bidang Pelayanan RSUD Ciamis, Dr.Bayu Yudiawan mengakhiri wawancara dengan Jayakarta Pos. 

(Lili Romli) JP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


JAYAKARTA POS

JAYAKARTA POS

Berita Ter-Update

Sekwan Nilai Progres Lambat AKD Tak Terbentuk, LSM PSN : 1 Bulan Ketua Dewan Tak Terlantik Ada Apa Dibalik Ini?, Tak Jelas Kami Segera Gelar Aksi!

KABUPATEN BEKASI, JP - Belum adanya pembentukan Ketua Fraksi Partai - Partai sejak terpilih  sampai saat ini serta belum adanya perubahan pa...

Berita Terkini

JAYAKARTA POS

JAYAKARTA POS

Pilihan Pembaca

JAYAKARTA POS

JAYAKARTA POS